KANVAS KOPLING TIMOR SET

Rp. 850.000 ,-


Kanvas Kopling Set



Pengertian Kopling

Kopling adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan dua poros pada kedua ujungnya dengan tujuan untuk mentransmisikan daya mekanis. 
Kopling biasanya tidak mengizinkan pemisahan antara dua poros ketika beroperasi, 
namun saat ini ada kopling yang memiliki torsi yang dibatasi sehingga dapat slip atau terputus ketika batas torsi dilewati.


B. Tujuan Kopling

Tujuan utama dari kopling adalah menyatukan dua bagian yang dapat berputar. Dengan pemilihan, pemasangan, dan perawatan yang teliti, performa kopling bisa maksimal, kehilangan daya bisa minimum, dan biaya perawatan bisa diperkecil.

C. Manfaat Kopling

Kopling digunakan dalam permesinan untuk berbagai tujuan:
  • Untuk menghubungkan dua unit poros yang dibuat secara terpisah, seperti poros motordengan roda atau poros generator dengan mesin. Kopling mampu memisahkan danmenyambung dua poros untuk kebutuhan perbaikan dan penggantian komponen.
  • Untuk mendapatkan fleksibilitas mekanis, terutama pada dua poros yang tidak berada padasatu aksis.
  • Untuk mengurangi shock load dari satu poros ke poros yang lain.
  • Untuk menghindari beban kerja berlebih. Untuk mengurangi karakteristik getaran dari dua poros yang berputar.


CARA KERJA KOPLING

Pada saat pedal kopling ditekan/diinjak, ujung tuas akan mendorong bantalan luncur kebelakang. Bantalan luncur akan menarik plat tekan melawan tekanan pegas.

Pada saat pelat tekan bergerak mundur, pelat kopling terbebas dari roda penerus dan perpindahan daya terputus. 

Bila tekanan dilepas pegas kopling akan mendorong pelat tekan maju dan menjepit pelatkopling dengan roda penerus dan terjadi perpindahan daya.

Pada saat pelat tekan bergerak kedepan,pelat kopling akan menarik bantalan luncur, sehingga pedal kopling kembali ke posisi semula. selain secara mekanik, sebagai mekanisme pelepashubungan.Sekarang sudah banyak digunakan sistem hidrolik dan booster. secara umum, sistem hidrolik danhidrolik booster adalah sama.

Perbedaannya adalah pada sistem hidrolik booster  digunakan booster untuk memperkecil daya tekan pada pedal kopling. pemilihan sistem yang digunakandisesuikan dengan kebutuhan.

Pada sistem hidrolik, pada saat pedal kopling ditekan, maka batang penerus akan mendorong piston pada master silinder kopling, fluidapada sistem akanmeneruskan daya ini keselinder pada unit kopling, dan piston silinder unit kopling akanmendorong tuas, dan seperti pada sistem mekanik, pelat kopling terlepas, sehingga penerusandaya dari motor ke transmisi terputus. 

Cara kerja sistem hidrolik ini sama seperti cara kerja pada sistem rem. Kebocoran sistem hidrolik akan mengganggu proses pelepasan hubungan.



Plat Kopling
Matahari


Drake Laher



Drake Laher

Drake laher adalah Laher atau Bearing yang berkerja untuk mendororng lidah matahari ketika pedal kopling diinjak. 

Untuk mengantisipasi kerusakan pada bearing mobil Anda, Kami akan memberikan informasi mengenai faktor penyebab utama mengapa bearing roda cepat sekali mengalami kerusakan yang diantaranya adalah sebagai berikut :


  1. Akibat karat
Komponen yang berkarat merupakan faktor utama mengapa bearing cepat sekali mengalami kerusakan. Karat yang melekat pada bearing tentu dapat mengalami keropos dan aus. Karat yang timbul tersebut pada umunya terjadi karena adanya air yang masuk ke dalam komponen bearing. Untuk itu, penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan bearing roda kendaraan secara berkala.
  1. Akibat jalanan rusak
Faktor lain yang dapat menyebabkan bearing mengalami kerusakan ialah jalan yang rusak, penuh lobang dan bergelombang. Ketika kendaraan melewati jalan yang berlubang tersebut membuat hentakan roda menjadi lebih sering dan lambat laun roller bearing akan terkikis dan mengalami keausan. Untuk itu agar usia pakai bearing roda kendaraan lebih panjang, ketika melewati jalanan yang kurang bagus tersebut, sebaiknya pelankan laju kendaraan Anda.
  1. Akibat beban yang berlebihan
Setiap komponen tentu saja memiliki beban batasan tertentu, termasuk bearing yang memiliki beban maksimum yang dapat diangkut oleh kendaraan Anda. Berbagai risiko tentu akan timbul jika Anda mengangkut beban yang berlebihan seperti hilangnya keseimbangan mobil, rusaknya bearing roda, bahkan dapat berpengaruh pada as roda yang akan patah. Untuk itu, gunakan kendaraan Anda sebagaimana fungsinya, dan jangan mengangkut beban yang berlebihan.










Ini kami berikan tips untuk merawat bearingroda mobil agar awet atau tahan lama. Berikut ulasannya :
  1. Jangan Berkendara dengan Kecepatan Tinggi di Jalan yang Rusak
Terkadang saat ini masih ada saja pengendara yang memiliki cara berkendara yang ugal-ugalan. Jalanan yang rusak, bergelombang serta berkerikil pun dilibas dengan kecepatan tinggi karena merasa suspensi mobilnya dirasa nyaman. Namun di luar itu, mobil yang cara pemakaiannya seperti tersebut lambat laun dapat membuat bearing roda akan lebih cepat mengalami kerusakan akibat besarnya getaran yang diterima oleh bearing tersebut. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan kondisi jalan ketika sedang mengemudi mobil, dan hindari berkendara dikecepatan tinggi ketika Anda melewati jalan yang rusak.
  1. Tidak Pernah Menyetel Bearing
Terdapat beberapa kelas atau jenis mobil yang memiliki bearing yang dapat disetel langsung kekencangannya. Perlu bagi Anda untuk sesekali meriksa apakah kekencangan dari bearing roda tersebut telah tepat atau belum. Bearing yang longgar tentu dapat menimbulkan masalah. Untuk menyetel bearingroda, dapat Anda lakukan dengan membongkar bagian roda dan rapatkan mur penyetel bearing sampai benar-benar rapat, setelah itu kembali longgarkan mur penyetel sebanyak 1/8 putaran, hal ini untuk menghindari agar bearing tidak terlalu kencang karena dapat mengakibatkan komponen tersebut hancur.
  1. Lakukan OverHaul Bearing secara berkala
Penting bagi Anda untuk melakukan perawatan berkala berupa Overhaul bearing yang bertujuan agar bearing terbebas dari kotoran serta memiliki masa pakai yang lebih lama. Overhaul bearing ini dapat dilakukan setiap mobil menempuh jarak 20.000 km, namun akan jauh lebih baik jika Anda melakukan proses ini dengan rutin setiap menempuh jarak 10.000 km atau 15.000 km sehingga kerusakan bearing dapat diminimalisir.


Kanvas Kopling/Plat Kopling
Pengertian

Clutch (di Indonesia sering disebut dengan kampas, kampas kopling atau kopling yang berasal dari bahasa Belanda,Koppeling) adalah alat mekanis yang digunakan untuk mentransmisikan daya dari satu komponen ke komponen lainnya ketika diaktifkan (disambungkan). Berbeda dengan rem yang menghentikan laju putaran roda ketika diaktifkan.
Clutch digunakan ketika kemampuan untuk mentransmisikan daya atau gerakan yang dibutuhkan akan disambungkan atau dikendalikan pada suatu waktu tertentu. Tidak terkecuali pengendalian torsi atau kecepatan putar yang akan ditransmisikan dari mesin ke komponen lainnya.









Tips

Tips cara menjaga agar kanvas kopling awet atau bertahan lama:

1. Jangan menggantung pedal kopling

Biasanya, para pengemudi mobil menginjak pedal dalam posisi ketinggian setengah atau biasa di sebut menggantung kopling. Biasanya hal itu dilakukan kala jalanan macet dan mereka tidak ingin mesin mobil mati.
Tindakan menggantung kopling atau kerap menginjak pedal kopling lebih sering dilakukan saat mobil melaju di jalanan menanjak yang macet. Injakan pedal kopling yang nanggung seperti itu akan menimbulkan gesekan yang tinggi di kanvas kopling , yang pada akhirnya mempercepat keausan.
Umumnya orang mengatakan, cara tersebut merupakan langkah yang tepat agar mesin mobil tidak mati. Pendapat itu tak salah. Hanya, cara itu menimbulkan kerugian.

2. Posisi gigi transmisi sesuai kecepatan mobil

Kebiasaan salah yang juga kerap dilakukan oleh pengemudi mobil adalah menggunakan gigi transmisi yang tak sesuai dengan kecepatan mobil. Misalnya, posisi gigi berada di empat, namun kecepatan mobil hanya 20 kilometer per jam. Begitu pula sebaliknya, mobil melaju dalam kecepatan tinggi, namun posisi gigi berada di dua atau tiga.
Gunakan gigi transmisi sesuai kecepatan mesin, karena cara itu akan meringankan kerja kopling.

3. Atur ketinggian pedal kopling (free play) dengan tepat

Sering kali pedal kopling terlalu tinggi, artinya pengemudi harus menginjak pedal hingga mentok ke lantai mobil namun terasa belum mentok. Kondisi seperti itu sangat tidak dianjurkan. 
Namun, memposisikan pedal kopling terlalu pendek, yaitu baru diinjak sedikit sudah terasa mentok juga tidak bagus. Posisi yang ideal adalah, masih ada jarak bebas ketika pedal kopling diinjak dan kemudian dilepaskan.
Jarak bebas adalah, antara saat pedal diinjak hingga terasa menyentuh sesuatu. Untuk mengetahui ada tidaknya jarak bebas itu, cukup mudah. Rasakan, saat pedal yang diinjak (saat ganti posisi gigi) dan kemudian lepaskan perlahan-lahan injakan kaki Anda di pedal.
Bila posisi injakan masih 50 persen, tetapi laju mobil telah terasa bertambah, berarti pengaturan posisi telah tepat.
Jarak bebas tersebut sangat penting. Pasalnya, bila tidak ada, maka gesekan yang terjadi di kanvas kopling akan tinggi, meski pedal kopling tidak diinjak. Hal ini menyebabkan kanvas cepat aus, dan release bearing cepat rusak.


4. Lakukan pergantian posisi gigi dengan halus

Kebiasaan yang salah yang juga kerap dilakukan orang adalah melakukan pergantian gigi dengan cepat dan kasar. Artinya, pedal kopling tak diinjak dalam-dalam dan melepaskannya secara halus atau perlahan-lahan.
Selain menimbulkan entakan saat berpindah gigi, perilaku seperti itu juga menyebabkan gesekan keras di kanvas kopling. Akibatnya kanvas cepat aus. Bila itu terjadi, maka kemungkinan besar terjadi slip juga besar.

5. Konsultasi ke ahli

Kondisi keausan komponen mobil memang berbeda-beda. Oleh karena itu, bila kesulitan merasakan gejala-gejala apakah telah terjadi masalah di kopling atau bukan sebaiknya berkonsultasi dengan ahli di bengkel.
Sebab, masing-masing mobil juga memiliki karakter yang berbeda. Misalnya, Daihatsu Xenia 1.000 cc, bila telah berjalan 50 ribu kilometer, biasanya per atau pegas di pelat kopling aus, padahal yang 1.300 cc tidak terang.

Matahari/Rumah Kopling

Cover kopling, berfungsi sebagai housing untuk beberapa komponen seperti pegas diafragma dan pressure plate. Cover ini terletak diarea luar yang menyelimuti kampas kopling. Posisinya dibaut bersama flywheel. Sehingga ketika flywheel berputar dipastikan clutch cover beserta komponen didalamnya ikut berputar.

Didalam clutch cover terdapat komponen pegas diafragma, pegas ini berfungsi untuk menekan pressure plate dikala kopling tidak beroperasi menggunakan daya tekan pegas. Dan menarik pressure plate saat pedal kopling diinjak.
















Nah, apabila anda mencari atau mengganti Onderdil/SukuCadang/SparePart untuk mobil.

Ditempat kami Korea Motor menyediakan segala macam SparePart/Onderdil/SukuCadang untuk Mobil :


PLAT KOPLING / KANVAS KOPLING
  HYUNDAI 
- Plat Kopling Atoz / Kanvas Kopling Atoz    
Plat Kopling Getz/ Kanvas Kopling Getz    
Plat Kopling Avega / Kanvas Kopling Avega
Plat Kopling Verna / Kanvas Kopling Verna
Plat Kopling Accent / Kanvas Kopling Accent  
Plat Kopling i20 / Kanvas Kopling I20
Plat Kopling i10 / Kanvas Kopling i10       
Plat Kopling Matrix / Kanvas Kopling Matrik  
Plat Kopling Elantra/ Kanvas Kopling Elantra 
Plat Kopling Cakra / Kanvas Kopling Cakra 
Plat Kopling Trajet / Kanvas Kopling Trajet  

KIA
Plat Kopling Timor / Kanvas Kopling Timor
Plat Kopling Visto / Kanvas Kopling Visto
Plat Kopling Picanto / Kanvas Kopling Picanto
Plat Kopling Carnival / Kanvas Kopling Carnival
Plat Kopling Sedona / Kanvas Kopling sedona
Plat Kopling Pregio / Kanvas Kopling Pregio
Plat Kopling Carens / Kanvas Kopling Carrens I&II
Plat Kopling Travello / Kanvas Kopling Travello
Plat Kopling Sportage/ Kanvas Kopling Sportage
Plat Kopling All New Picanto / Kanvas Kopling all New Picanto

CHEVROLET
Plat Kopling Spark / Kanvas Kopling Spark
Plat Kopling Aveo / Kanvas Kopling Aveo
Plat Kopling Lova / Kanvas Kopling Lova
Plat Kopling Kalos / Kanvas Kopling Kalos

DAEWOO
Plat Kopling Espero/ Kanvas Kopling Espero
Plat Kopling Nexia / Kanvas Kopling Nexia
Plat Kopling Matiz / Kanvas Kopling Matiz


MATAHARI/COVER CLUTCH

HYUNDAI 
- Matahari Atoz / Cover Clutch Atoz     
Matahari Getz / Cover Clutch Getz     
Matahari Avega / Cover Clutch Avega
Matahari Verna / Cover Clutch Verna
Matahari Accent / Cover Clutch Accent  
Matahari i10 / Cover Clutch i10
Matahari i20 / Cover Clutch I20       
Matahari Matrix / Cover Clutch Matrik  
Matahari Elantra / Cover Clutch Elantra 
Matahari Cakra / Cover Clutch Cakra
Matahari Nenggala / Cover Clutch Nenggala
Matahari Trajet / Cover Clutch Trajet  

KIA
Matahari Timor / Cover Clutch Timor
Matahari Visto / Cover Clutch Visto
Matahari Picanto / Cover Clutch Picanto
Matahari Carnival / Cover Clutch Carnival
Matahari Pregio / Cover Clutch Pregio
Matahari Carens / Cover Clutch Carrens I&II
Matahari Travello / Cover Clutch Travello
Matahari Big up / Cover Clutch big up
Matahari Sportage / Cover Clutch Sportage

CHEVROLET
Matahari Spark / Cover Clutch Spark
Matahari Aveo / Cover Clutch Aveo
Matahari Aveo / Cover Clutch Lova
Matahari / Cover Clutch Kalos

DAEWOO
Matahari Espero/ Cover Clutch Espero
Matahari Nexia / Cover Clutch Nexia
Matahari Matiz / Cover Clutch Matiz



DREK LAHER / RELEASE BEARING

HYUNDAI 
- Drek laher Atoz / Release Bearing Atoz     
Drek laher Getz / Release Bearing Getz     
Drek laher Avega / Release Bearing Avega
Drek laher Verna / Release Bearing Verna
Drek laher Accent / Release Bearing Accent  
Drek laher i10 / Release Bearing i10
Drek laher i20 / Release Bearing I20       
Drek laher Matrix / Release Bearing Matrik  
Drek laher Elantra / Release Bearing Elantra 
Drek laher Cakra / Release Bearing Cakra 
Drek laher Trajet / Release Bearing Trajet  

KIA
Drek laher Timor / Release Bearing Timor
Drek laher Visto / Release Bearing Visto
Drek laher Picanto / Release Bearing Picanto
Drek laher Carnival / Release Bearing Carnival
Drek laher Pregio / Release Bearing Pregio
Drek laher Carens / Release Bearing Carens I&II
Drek laher Travello / Release Bearing Travello
Drek laherSportage / Release Bearing Sportage
Drek laher All New Picanto / Release Bearing all New Picanto

CHEVROLET
Drek laher Spark / Release Bearing Spark
Drek laher Aveo / Release Bearing Aveo
Drek laher Lova / Release Bearing Lova
Drek laher kalos / Release Bearing Kalos

DAEWOO
Drek laher Espero / Release Bearing Espero
Drek laher Nexia / Release Bearing Nexia
Drek laher Matiz / Release Bearing Matiz 


Info Lengkapnya :

Hubungi Kami


KOREA MOTOR
Jl. Kedungdoro No. 20 surabaya

Jual Spare Part/Suku Cadang Mobil Korea, AC Mobil & Variasi Mobil
TIMOR - DAEWOO - CHEVROLET- KIA - HYUNDAI TRUCK & BUS


Untuk pemesanan atau info lengkap Harap :
SMS/WA : 0877 5607 5995 , 0813 5701 9099 , 085100990711
BBM: D6D49631 , 28AC53CC , 2A269A91


TELP. (031) 5462958, 70990711

Pembayaran Transaksi dapat ditransfer ke Rek :

BCA 064 021 6107 atau MANDIRI 141 000 411 8873
BNI 023 067 8165
a/n Agus Yuswandhono


Terima kasih, Anda telah turut serta memajukan usaha kami.