STANG PISTON CARNIVAL KIA 235103Y050 235103Y040

Rp. 1.434.000 ,-

Stang Piston Kia


Stang piston (bahasa Inggris:connecting rod atau conrod) menghubungkan piston ke crank atau poros engkol. Bersama dengan crank, sistem ini membentuk mekanisme sederhana yang mengubah gerak lurus/linear menjadi gerak melingkar.
Batang piston juga dapat mengubah gerak melingkar menjadi gerak linear. Dalam sejarahnya, sebelum ada pengembangan mesin, batang piston digunakan untuk hal ini terlebih dahulu.
Karena batang piston itu kaku, maka ia dapat meneruskan tarikan dan dorongan, sehingga batang pistonnya dapat merotasi crank melalui kedua bagian dari revolusi, yaitu tarikan piston dan dorongan piston. Mekanisme generasi awal, misalnya pada rantau, hanya dapat menarik. 
Dalam beberapa mesin 2 tak, batang pistonnya hanya digunakan untuk mendorong.


Fungsi

Tugas setang piston (seher) sangatlah berat, selain mendapatkan tekanan yang berasal dari piston, batang torak juga medapatkan pembebanan regangan pada saat langkah hisap dan tekukan pada saat merubah gerak lurus menjadi gerak putar.

Untuk Fungsi batang piston antara lain :
1. Menghubungkan piston dan poros engkol (kruk-as)
2. Merubah gerak lurus piston mejadi gerak putar pada poros engkol (kruk-as)
3. Memindahkan gaya piston ke poros engkol dan membangkitkan momen putar pada poros engkol (kruk-as).





Bahan Pembuatan Piston 


Piston terbuat dari baja dengan perbaikan mutu, contoh 34 CR MO 4 atau besi tuang. Untuk motor balap setang piston biasanya terbuat dari titanium, karena bersifat ringan dan mempunyai kekuatan lebih. Dan untuk motor - motor kecil, batang piston terbuat dari paduan almunium untuk memperingan bobot setang piston.


Permasalahan

Hal-hal yang Menyebabkan Stang Seher Motor kok cepet Rusak Oblak Aus :

  • Memacu motor di lintasan berat secara terus menerus
Memacu sepeda motor di lintasan yang ekstrim–terutama dengan sudut kemiringan lebih dari 30 derajat–dengan permukaan lintasan yang terjal membutuhkan putaran mesin yang tinggi. Bahkan, pengendara lupa atau tidak sempat memindah posisi gigi ke tingkat yang lebih rendah
  • Kruk as oblak
Entak demi entakan keras saat pengendara menarik tuas dengan tiba-tiba dan melepasnya lagi, menjadikan kruk as seperti ditarik dan entak dengan kuat dan tiba-tiba. Akibatnya kruk as goyang atau oblak. Bila kruk as oblak maka lama-kelamaan setang seher juga akan ikut oblak. Jika dibiarkan, setang akan rusak.
  • Kualitas oli jelek
Oli yang berkualitas jelek–misalnya palsu atau spesifikasinya tidak sesuai dengan motor–menyebabkan pelumasan tidak sempurna. Bila itu terjadi maka gerak sempurna atau oblak dan cenderung menjadikan silinder aus atau terluka. Kerusakan pada silinder menjadikan gerakan piston semakin tidak sempurna atau semakin oblak. Kondisi tersebut berpengaruh pada setang seher.
  • Bore up mesin
Bore up mesin yang tidak tepat, melakukan bore up mesin untuk meningkatkan kompresi mesin agar pembakaran lebih sempurna. Alhasil, tenaga yang disemburkan mesin pun berlipat. Namun, bila tidak cermat, cara ini justru menimbulkan masalah baru, yaitu setang seher yang rusak.



Solusinya untuk mengatasi masalah tersebut, tentunya melakukan perbaikan atau pengecekkan di bengkel. Nah memang hal seperti itu benar dilakukan tapi, harus melihat kondisi Stang Piston tersebut. 

Masih layak dipakai atau tidak, jika sudah tak layak pakai namun tetap di paksakan maka akan menimbulkan kerusakan pada bagian-bagian yang lain. 
Mengeluarkan uang pun jauh lebih banya tentunya.













Rp. 475.000,-





Jika Anda telah merasakan sesuatu yang janggal pada mesin mobil Anda. Kami sarankan kepada Anda untuk segera mengecek mobil Anda, demi kenyamanan Anda berkendera.

Apabila Anda mencari atau mengganti SukuCadang/SparePart/Onderdil untuk mobil Anda. Ditempat kami KOREA MOTOR menyediakan berbagai macam SukuCadang/SparePart/Onderdil Mobil :


HYUNDAI 

-Atoz     
-Getz     
-Avega
-Verna
-Accent  
-I20       
-Matrik  
-Elantra 
-Cakra 
-Trajet  

KIA

-Shepia/Timor

-Visto
-Picanto
-Carnival
-Pregio
-Carrens I&II
-Trafelo

CHEVROLET

-Spark
-Aveo

DAEWOO

-Espero
-Nexia
-Matiz


Info Lengkapnya :

Hubungi Kami


KOREA MOTOR

Jl. Kedungdoro No. 20 surabaya

Jual Spare Part/Suku Cadang Mobil Korea, AC Mobil & Variasi Mobil
TIMOR - DAEWOO - CHEVROLET- KIA - HYUNDAI TRUCK & BUS


Untuk pemesanan atau info lengkap Harap :
SMS/WA : 0877 5607 5995 , 0813 5701 9099 , 085100990711
BBM: D6D49631 , 28AC53CC , 2A269A91



TELP. (031) 5462958, 70990711
Pembayaran Transaksi dapat ditransfer ke Rek :

BCA 064 021 6107 atau MANDIRI 141 000 411 8873
BNI 023 067 8165

a/n Agus Yuswandhono


Terima kasih, Anda telah turut serta memajukan usaha kami.