SELANG RADIATOR ATAS CHEVROLET

Rp. CALL ,-


Selang Radiator Atas 

Pengertian Dan Fungsi Selang Radiator

Sebuah mesin pasti memiliki sistem pendinginan yang bertujuan untuk mendinginkan panas mesin saat proses pembakaran mesin berlanjut.

Pada mobil, umumnya dipakailah sistem pendingin air, dengan memanfaatkan air sebagai penghantar untuk memindahkan panas ke udara luar.


Dalam melakukan proses pendinginan, air radiator di dukung oleh komponen selang yang fungsinya sebagai tempat air bersirkulasi ke komponen sistem pendingin.

Pengertian selang radiator adalah sebuah atau beberapa komponen bebentuk seperti saluran yang memiliki fungsi utama sebagai tempat mengalirnya air pendingin.

Selang radiator berbeda dari selang-selang lain karena akan mengalirkan air dengan suhu cukup tinggi. Oleh karena itu selang radiator dibuat dengan bahan karet khusus yang memiliki ketahanan terhadap suhu serta memiliki ketebalan lebih besar.

Pada sebuah mesin, setidaknya ada dua unit selang. Namun pada kenyataannya ada beberapa selang tambahan antara lain ;

1. Radiator Inlet Hose, adalah selang dari mesin ke radiator
2. Radiator Outlet Hose, adalah selang output radiator ke mesin.
3. Reservoir tank hose, selang dari reservoir ke sistem rangkaian pendingin.
4. Heater hose, selang yang menghubungkan sistem pendingin dengan heater mobil.



Selain itu juga biasanya terdapat selang bypass, selang ini menjadi titik temu antara selang inlet radiator, selang reservoir dan water jacket. fungsi bypass yakni sebagai persilangan pada sistem pendingin tipe closed.

sebelu mnya kita mengenal dua sistem pendingin yakni sistem open dan closed. bedanya, jika sistem open maka air radiator bisa keluar saat terdapat tekanan berlebih pada sistem, sementara closed system, tidak memiliki saluran keluar dan hanya mengandalkan ruang didalam reservoir untuk mengatasi tekanan yang berlebih.

TIPS : 



Berikut ini  beberapa hal yang menyebabkan selang radiator mobil bocor, diantaranya ialah :
  1. Klem selang radiator.
Kebocoran akan terjadi pada selang radiator jika klem ini tidak lagi menjepit dengan kuat atau sudah longgar. Tanda-tanda yang dapat Anda ketahui ketika klem selang radiator longgar ialah menetesnya air radiator dari sambungan selang ke radiator. Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan ini ialah kencangkan kembali klem selang radiator jika kondisinya masih baik, namun apabila klem sudah tidak layak pakai Anda harus melakukan penggantian komponen yang baru.
  1. Sambungan selang radiator.
Meskipun klem selang radiator sudah kencang maksimal, kebocoran akan tetap terjadi ketika sambungan selang radiator ke mesin telah keropos dan tidak menutup dengan sempurna. Pada umumnya komponen yang memiliki potensi besar terindikasi keropos tersebut ialah rumah thermostat atau saluran air dari mesin ke radiator ataupun sebaliknya. Komponen tersebut dapat mengalami keropos karena faktor usia serta bahannya yang terbuat dari logam alumunium.
Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu mengganti rumah thermostat ataupun water inlet. Selain melakukan penggantian, Anda juga dapat melapisi silikon red atau threebond secukupnya di area rumah thermostat atau pada saluran air menuju radiator dan saluran air di mesin dari selang radiator, pastikan bahwa Anda memberi silikon red atau threebond tersebut dengan tidak berlebihan karena komponen tersebut dapat memasuki ruang radiator.
  1. Selang radiator pecah atau meledak
Hal berikutnya yang dapat membuat selang radiator bocor ialah karena sudah retak, pecah atau bahkan meledak. Biasanya permasalahan ini terjadi karena faktor usia mobil. Selang radiator tentunya harus segera diganti ketika Anda mengalami permasalahan ini, apabila penggantian komponen tidak segera Anda lakukan tentu akan mempengaruhi kinerja selang-selang yang lain seperti selang bypass atau selang buntu atau selang heater, dimana semua selang tersebut berhubungan dengan air coolant untuk mendinginkan mesin mobil.

Periksalah segera mobil anda , demi kenyamanan anda berkendara agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.








Rp. 190.000 ,-




Ditempat kami Korea Motor menyediakan berbagai macam spare part dan suku cadang mobil :


HYUNDAI 
-Atoz     
-Getz     
-Avega
-Verna
-Accent  
-I20       
-Matrik  
-Elantra 
-Cakra 
- Trajet  

KIA
-Shepia/Timor
-Visto
-Picanto
-Carnival
-Pregio
-Carrens I&II
-Trafelo

CHEVROLET
-Spark
-Aveo

DAEWOO
-Espero
-Nexia

-Matiz


Info Lengkapnya :

Hubungi Kami


KOREA MOTOR
Jl. Kedungdoro No. 20 surabaya

Jual Spare Part/Suku Cadang Mobil Korea, AC Mobil & Variasi Mobil
TIMOR - DAEWOO - CHEVROLET- KIA - HYUNDAI TRUCK & BUS


Untuk pemesanan atau info lengkap Harap :
SMS/WA : 0877 5607 5995 , 0813 5701 9099 , 085100990711
BBM: D6D49631 , 28AC53CC , 2A269A91


TELP. (031) 5462958, 70990711

Pembayaran Transaksi dapat ditransfer ke Rek :

BCA 064 021 6107 atau MANDIRI 141 000 411 8873
BNI 023 067 8165
a/n Agus Yuswandhono


Terima kasih, Anda telah turut serta memajukan usaha kami.