SENSOR AIRFLOW

Rp. CALL ,-


Sensor Air Flow

Pengertian & Fungsi


Sensor Mass Air Flow ini ialah sebuah sensor yang dipasang pada saluran yang menuju kedalam ruang bakar, biasanya dipasang dekat dengan ruang saringan udara, sensor ini berfungsi untuk menganalisa seberapa besar udara yang masuk kedalam ruang kabar mesin sehingga nantinya ECU atau ECM mobil dapat melakukan analisa dan menakar seberapa banyak bahan bakar yang akan dicampurkan sehingga memperoleh pembakaran yang sempurna dan juga menghemat pemakaian bahan bakar.



Cara Kerja


Untuk cara kerja sensor ini sebenarnya sangat sederhana, yakni dengan memanfaatkan elemen dioda pemanas yang terpasang diujung sensor MAF, yang tertancap di saluran udara menuju intake / throttle body. Elemen pemanas ini nantinya disandingkan dengan elemen pengukur suhu panas yang nantinya elemen pengukur suhu ini akan melakukan pengukuran seberapa panas suhu yang ada disekitarnya dan menjaganya agar tetap konstan.

Proses alur kerja dari sensor MAF ini ialah dengan memanaskan elemen pemanas menggunakan aliran listrik, disaat mesin mobil dalam keadaan idle, maka aliran udara yang melewati sensor ini jumlahnya sedikit sehingga untuk menjaga suhu tetap konstan maka dibutuhkan sedikit sekali arus yang masuk kedalam elemen pemanas. Begitu kita menginjak pedal gas, maka otomatis katub throttle body akan terbuka lebar yang membuat sehingga banyak urada yang akan melewati sensor MAF ini. Dengan banyaknya udara yang lewat, tentu akan membuat elemen pemanas ini menjadi lebih dingin, dan agar elemen pemanas ini tetap pada suhu panasnya maka dibutuhkan lebih banyak arus listrik yang masuk kedalam elemen dimana jumlah arus listrik yang masuk kedalam MAF berbanding lurus dengan banyaknya jumlah udara yang melewatinya.


Selanjutnya sebuah chip khusus yang ditempatkan didalam sensor aliran udara ini memiliki fungsi untuk melakukan konversi volume udara yang mengalir dan dijadikan sinyal khusus yang selanjutnya akan dikirimkan ke ECU mobil. Dan ECU atau ECM mobil akan memakai informasi sinyal ini guna menakar seberapa banyak bahan bakar yang nantinya akan di injeksikan kedalam ruang bakar sehingga rasio antara bahan bakar dan juga udara tetap ideal / proporsional. Dengan idealnya rasio bahan bakar dan juga udara yang dibakar membuat pembakaran lebih sempurna, hasilnya adalah emisi dari gas buang menjadi lebih rendah, performa mesin menjadi maksimal dan juga bahan bakar menjadi lebih hemat.






Tips

Di beberapa mobil matic biasanya sensor MAF ini juga memiliki fungsi lain yakni untuk menentukan posisi perpindahan gigi otomatis, dan jika MAF sensor mengalami kegagalan kinerja bisa menyebabkan pengoperan tuas gigi otomatis mobil matic tidak bisa berjalan dengan semestinya.

Air flow rusak salah satu gejalanya RPM sering naik turun, asap hitam, gas tidak responsif. Tapi sebaliknya, kalau ndut-ndutan, tidak selalu karena AFS. Cara mengecek kondisi AFS : Lepas AFS, terus digas sampai RPM tinggi. Kalau dilepas AFSnya, terus nggak ndut-ndutan, berarti AFSnya bermasalah.


. Hal ini diperlukan untuk menjaga emisi gas buang yang rendah tanpa mengorbankan power atau perfoma mesin. Pada mobil transmisi otomatis, sinyal MAF sensor juga digunakan untuk menentukan perpindahan gigi. Ketika MAF sensor tidak bekerja dengan baik, perpindahan gigi tidak akan berjalan dengan normal.


Apabila Anda mencari atau mengganti SukuCadang/SparePart/Onderdil untuk mobil Anda. Ditempat kami KOREA MOTOR menyediakan berbagai macam SukuCadang/SparePart/Onderdil Mobil :


HYUNDAI

-Atoz  
-Getz  
-Avega
-Verna
-Accent
-I20    
-Matrik
-Elantra
-Cakra
-Trajet

KIA

-Shepia/Timor
-Visto
-Picanto
-Carnival
-Pregio
-Carrens I&II
-Trafelo

CHEVROLET

-Spark
-Aveo

DAEWOO

-Espero
-Nexia
-Matiz


Info Lengkapnya :

Hubungi Kami


KOREA MOTOR

Jl. Kedungdoro No. 20 surabaya

Jual Spare Part/Suku Cadang Mobil Korea, AC Mobil & Variasi Mobil
TIMOR - DAEWOO - CHEVROLET- KIA - HYUNDAI TRUCK & BUS

Untuk pemesanan atau info lengkap Harap :
SMS/WA : 0877 5607 5995 , 0813 5701 9099 , 085100990711
BBM: D6D49631 , 28AC53CC , 2A269A91



TELP. (031) 5462958, 70990711


Pembayaran Transaksi dapat ditransfer ke Rek :

BCA 064 021 6107 atau MANDIRI 141 000 411 8873
BNI 023 067 8165

a/n Agus Yuswandhono


Terima kasih, Anda telah turut serta memajukan usaha kami.