BUSI CHAMPION i20 18829-11050

Rp. 42.000 ,-


Busi Champion i20 Ori

~ Apa Itu Busi??

Secara bahasa, busi berasal dari bahasa belanda yaitu bougie. Besi merupakan salah satu suku cadang dari mesin yang diletakan  pada bagian dalam dari mesin pembakaran dengan ujung electrode besi pada ruang bakar.



~ Fungsi Busi



  1. Pembakar bahan bakar
        Fungsi utama benda ini adalah membuat percikan elektronik untuk membakar bensin yang telah terkompresi oleh bagian mesin yaitu pitson. Proses ini terjadi dengan menghubungkan electrode dari bagian tengah busi kepada kabel. Selanjutnya kabel akan dihubungkan dengan koil pengapian yang berada di luar besi. Hubungan tersebut dilanjutkan dengan menghubungkan kepada ground yang berada di bagian bawah busi untuk membentuk celah percikan di dalam silinder. Walaupun terlihat sederhana tetapi percikan dari busi berasal dari tegangan tinggi dari koil pengapian.
  1. Mendiagnosa kondisi pembakaran bahan bakar
        Sebagai bagian dari mesin, besi bisa dianggap sebagai saksi bagaimana mesin bekerja khususnya bagaimana proses pembakaran pada kendaraan. Caranya cukup mudah pemilik motor/mekanik melepaskan terlebih dahulu busi. Selanjutnya dilihat bagaimana warna elektroda  pada lidah busi.
        Bila warna hitam kering dan terdapat jelaga maka pembakaran dari mesin tersebut tidaklah sempurna. Yang diartikan bahwa bensin yang terbakar tidak maksimal dan menghasilkan residu menempel pada busi. Untuk menilai pembakaran sempurna, warna yang akan terlihat dari busi tersebut adalah kecoklatan tapi bila besi anda putih dapat diindikasikan bahwa anda terlalu irit dalam penyetelan mesin kendaraan.





Bagian-Bagian Busi

  1. Terminal
Berfungsi untuk menghubungkan busi dengan koil pengapian. Berbentuk plug ataupun terminal kabel. Terminal pada busi berada di bagian puncak.
  1. Insulator
Ada dua fungsi yang dimiliki isolator pada busi. Pertama benda ini berguna untuk menyangga inti elektroda di bagian tengah busi. Kedua, insulator berfungsi untuk isolator elektrik dari tegangan tinggi yang akan mengalir ke inti elektroda. Pembuatan insulator sering menggunakan bahan dasar keramik atau porselen.
  1. Ribs
Fungsi utama adalah untuk menambah kemampuan isulator yang terbuat dari keramik. Sedangkan fungsi lainnya adalah dipergunakan untuk memberikan jarak dari inti elektroda dengan ground. Jarak yang jauh ini akan membuat hambatan semakin besar. Keuntungan yang didapat adalah  tidak aka nada lompatan tegangan dari inti besi kepada ground. Bentuk ribs adalah lekuk-lekuk pada insulator.
  1. Insulator Tip
Bagian dari insulator yang terbakar dan merupakan penentu apakah busi tersebut tergolong busi panas atau dingin. Busi yang baik memiliki insulator yang kuat pada temperature 650̊C atau tegangan sebesar 60 ribu volt. Letaknya pada ujung insulator.
  1. Seal
Penutup yang berfungsi agar kompresi pada ruang bakar tidak mengalir keluar.
  1. Metal Case
Selain bertugas mengunci busi ke silinder head alat ini juga berfungsi untuk menghantar panas.
  1. Inti Electroda
Kebanyakan inti elektroda terbuat dari tembaga. Alat ini terhubung ke terminal melalui penghubung internal yang berselimut insulator dari keramik.
  1. Ground (side electrode)
Bahan pembuatan dari ground harus merupakan logam yang tahan korosi dan mampu menahan panas yang tinggi. Bagian busi ini merupakan bagain yang terhubung langsung dengan bagian kendaraan. Dimana electron  dari inti elektroda akan melompat kepada ground. Tempat ini juga merupakan perjalanan terakhir dari koil pembakaran.

Ciri-Ciri Busi Rusak

Busi mesin rusak membuat mesin kehilangan tenaga pada kondisi tertentu. Yang paling ekstrem akibat kerusakan busi juga akan membuat mesin mati dan sulit dinyalakan kembali. Gejala kerusakan busi pada mesin mobil ini bisa diidentifikasi sesuai kondisi tertentu.


1. Kerusakan busi mobil saat Mesin Idle
Busi mobil yang rusak menyebabkan mesin tidak halus ketika sedang stationer atau idleSesekali akan terasa dari putaran mesin yang halus saat dirasakan dari dalam kabin. Busi rusak selain membuat mesin akan terasa berebet pada waktu idle, juga bisa dirasakan saat mesin di gas.
2. Tanda kerusakan busi Saat Mobil Jalan
Saat kendaraan akselerasi diperlukan tenaga maksimal. Jika busi rusak akan menyebabkan akselerasi mesin tersendat. Kalau pun tidak terasa tersendat mesin terasa kekurangan tenaga.
Kalau memang dua hal itu sudah terasa di kendaraan Anda, segeralah ganti busi mobil Anda.



Rp. 53.000 ,-



Nah apabila Anda mencari Busi atau Onderdil/Sukucadang/Sparepart mobil lainya.

Ditempat kami Korea Motor menyediakan berbagai macam sukucadang/sparepart mobil :



HYUNDAI 
-Atoz     
-Getz     
-Avega
-Verna
-Accent  
-I20       
-Matrik  
-Elantra 
-Cakra 
- Trajet  

KIA
-Shepia/Timor
-Visto
-Picanto
-Carnival
-Pregio
-Carrens I&II
-Trafelo

CHEVROLET
-Spark
-Aveo

DAEWOO
-Espero
-Nexia

-Matiz



Info Lengkapnya :

Hubungi Kami


KOREA MOTOR
Jl. Kedungdoro No. 20 surabaya

Jual Spare Part/Suku Cadang Mobil Korea, AC Mobil & Variasi Mobil
TIMOR - DAEWOO - CHEVROLET- KIA - HYUNDAI TRUCK & BUS


Untuk pemesanan atau info lengkap Harap :
SMS/WA : 0877 5607 5995 , 0813 5701 9099 , 085100990711
BBM: D6D49631 , 28AC53CC , 2A269A91


TELP. (031) 5462958, 70990711

Pembayaran Transaksi dapat ditransfer ke Rek :

BCA 064 021 6107 atau MANDIRI 141 000 411 8873
BNI 023 067 8165
a/n Agus Yuswandhono


Terima kasih, Anda telah turut serta memajukan usaha kami.