RING PISTON SET ACCENT 23040-22051 GENUINE PART

Rp. 1.088.000 ,-





Ring Piston

Apa Itu RING PISTON??

Dalam rangkaian unit piston terdapat komponen yang disebut dengan ring piston/cincin torak. Ring piston adalah split ring (cincin yang terpisah/memiliki ujung) yang cocok dengan alur pada diameter luar piston di mesin resiprokal seperti mesin pembakaran internal atau mesin uap.

Split ring piston diciptakan oleh John Ramsbottom yang melaporkan manfaatnya kepada Lembaga Teknisi Mekanik di tahun 1854.
Penggunaan cincin piston mampu mengurangi hambatan gesek, kebocoran uap (blow by gas), dan massa piston, yang selanjutnya mengarah ke peningkatan secara signifikan dalam hal daya dan efisiensi serta jangka waktu perawatan yang lebih lama.


Peranan Penting / Fungsi Ring Piston di mesin:

  1. Mencegah blow by gas yaitu kebocoran campuran udara dan bensin serta gas pembakaran yang melalui celah antara torak dengan dinding silinder ke dalam bak engkol selama langkah kompresi dan langkah usaha.
  2. Mengatur konsumsi oli mesin pada dinding silinder dan mencegah oli yang melumasi torak dan silinder masuk ke ruang bakar.
  3. Memindahkan panas dari torak ke dinding silinder untuk membantu mendinginkan torak.

Ring piston terbuat dari bahan yang dapat bertahan lama, tahan panas, tahan aus, dan kuat. Umumnya terbuat dari baja tuang spesial, yang tidak akan merusak dinding silinder. Jumlah ring piston bermacam-macam tergantung jenis mesin dan umumnya 3 sampai 4 untuk setiap pistonnya.

Ring piston memiliki dua tipe, yaitu ring kompresi dan ring oli. Ring kompresi berfungsi untuk pemampatan volume dalam silinder (ketika piston naik/kompresi dan ketika langkah usaha) agar tidak terjadi kebocoran udara, bensin, maupun gas serta menghapus/menyapu oli pada dinding silinder (ketika piston turun). Sedangkan ring oli berfungsi untuk menampung dan membawa oli serta melumasi komponen dalam ruang silinder.

Hasil gambar untuk Ring piston


Diameter luar dari ring pistonnya dibuat lebih besar dari diameter pistonnya. Hal ini bertujuan agar ring piston dapat menekan dinding silinder saat ring piston terpasang. Pada ujung ring piston saat terpasang pada dinding silinder harus memiliki celah (gap) agar mencegah patanya ring piston saat bekerja.

Penyebab ring piston bisa aus itu karena pelumasan atau sirkulasi oli tidak lancar. Sehingga ring piston terlalu bergesekan pada boring blok piston.

Ukuran/Ring Piston
  • Overses 0, 25
  • Overses 0,50
  • Overses 0,75
Solusi Untuk Mengetahui Jika Ring Piston Bermasalah

Dari kompresi ruang bakar

Dilihat dari adanya asap putih yang keluar dari saluran buang alias knalpot. Tapi, itu jika sudah parah keausannya.

Bila belum terlalu  parah anda harus menggunakan metode yang pertama. Tentunya, dibantu dengan alat khusus untuk mengukur kompresi. Yaitu, compression tester. Selain itu, anda juga butuh pelumas alias oli mesin.

Cara menggunakan compression tester yaitu :

Sediakan oli mesin. Tak perlu banyak, tapi cukup setengah sendok makan saja.
Ukur lebih dulu kompresi awal mesin dengan menggunakan compression tester. Nantinya, angka ini menjadi patokan buat melihat terjadinya keausan atau tidak. Setelah diukur, misalnya kompresi mesin menunjukan angka 16 psi.
Kemudian masukan oli yang sudah disiapkan tadi melalui derat lubang busi di kepala silinder.Tapi jangan terlalu banyak karena fungsi oli ini hanya untuk menutup celah-celah longgar diantara ring piston yang terdiri dari ring kompresi dan ring oli itu dengan linner. Dengan tertutupnya celah, maka tekanan alias kompresi menjadi padat.
Setelah oli dimasukkan, lalu ukur kembali kompresi dengan menggunakan compression tester. Setelah dapat angka terbaru, bandingkan dengan kompresi awal sebelum diberikan oli. Naik atau tetap sama.



Nah ditempat kami Korea Motor telah menyediakan berbagai spare part/ susku cadang:


HYUNDAI 

-Atoz     

-Getz     

-Avega

-Verna

-Accent  

-I20       

-Matrik  

-Elantra 

-Cakra   


KIA
-Shepia/Timor
-Visto
-Picanto
-Carnival
-Pregio
-Carrens I&II

CHEVROLET
-Spark
-Aveo

DAEWOO
-Espero
-Nexia
-Matiz


Info Lengkapnya :

Hubungi Kami


KOREA MOTOR
Jl. Kedungdoro No. 20 surabaya

Jual Spare Part/Suku Cadang Mobil Korea, AC Mobil & Variasi Mobil
TIMOR - DAEWOO - CHEVROLET- KIA - HYUNDAI TRUCK & BUS


Untuk pemesanan atau info lengkap Harap :
SMS/WA : 0877 5607 5995 , 0813 5701 9099 , 085100990711
BBM: D6D49631 , 28AC53CC , 2A269A91


TELP. (031) 5462958, 70990711

Pembayaran Transaksi dapat ditransfer ke Rek :

BCA 064 021 6107 atau MANDIRI 141 000 411 8873
BNI 023 067 8165
a/n Agus Yuswandhono

Terima kasih, Anda telah turut serta memajukan usaha kami.