OLI TRANSMISI HYUNDAI

Rp. CALL ,-





Transmisi Mobil Anda bunyi ...?

Jangan buru buru memfonis untuk mengganti komponen yang ada didalam transmisi, bisa jadi saat ini mobil anda saat ini sudah saatnya untuk mulai dilakukan penggantian oli .

Ingat , gunakan selalu produk genuine atau orisinal. 

Untuk memperpanjang umur pemakaian kopling anda, sebaiknya gunakan selalu produk yang asli. 

Kalau anda mengabaikannya ,bisa jadi ini akan dapat memperpendek umur pemakaian kopling mobil Anda, biasanya juga dapat mengakibatkan perpindahan pada tranmisi manual Anda menjadi kurang halus, dan tentunya lama kelamaan dapat menimbulkan suara yang kasar saat kendaraan Anda melaju.

Penanganan khusus untuk mobil dari pabrikan korea baik itu Hyundai atau Kia


Menurut pengalaman kami, sebagai bengkel yang khusus menangani mobil dari pabrikan korea ini,  Beberapa mobil korea ,terutama mobil atoz atau visto sering mengalami masalah terdengar  bunyi bunyi halus atau cenderung kasar dengan transmisi nya.

Padahal biasanya menurut cerita versi yang empunya, mobilnya baru saja beberapa bulan lalu ,baru dilakukan penggantian oli transmisi. 

Tentunya estimasi awal kita mengarah ada masalah dengan komponen transmisi nya. 
Tapi kita ,selalu coba sarankan sama pelanggan kita untuk mencobanya dulu menganti oli transmisinya dulu dengan yang genuine oil terlebih dahulu.
Baru kalau bunyi itu masih tetap ada , baru dilakukan pembongkaran pada transmisi nya. . 

" Ternyata dari sekian banyak keluhan itu sebagian besar keluhan bunyi itu hilang sendiri hanya karena dilakukan penggantian dengan oli genuine part ". 



Source : Bengkel Korea Motor
Jl. Ruko Ngagel Jaya indah Block A6-7 - Komplek Ruko Kalibokor Selatan.
031-5019359 , HP 085101336799

Transmisi mobil merupakan salah satu komponen penting di kendaraan.
Namun sering kali pemilik menyepelekan yang satu ini.
Transmisi sebenarnya termasuk komponen mobil yang hampir jarang bermasalah, baik itu varian yang otomatis ataupun yang masih manual.

Syaratnya : 
Asalkan dilakukan perawatan secara berkala ,sesuai ketentuan standar buku service dan masa umur pakai oli itu sendiri , sehingga jangan sampai terlewat.

Jika tidak dilakukan dengan rutin, tarikan mesin akan terasa berat dan dapat merusak komponen transmisi. Selain itu, penggantian oli transmisi menggunakan oli standar menjadi komponen tersendiri.  .



 
Lakukanlah pemeriksaan level oli secara berkala, guna mengecek level standar oli.  

Karena kekurangan oli dapat menyebabkan kerusakan pada komponen transmisi. 
Pada transmisi manual dan otomatis, pengecekan kebocoran oli berguna untuk mengetahui kondisi oli transmisi sudah kotor atau mengalami kekurangan. 

Kekeurangan oli bisa jadi karena ada kebocoran, yang mana kebocoran oli juga dapat menyebabkan transmisi menjadi rusak.
 
Cara mengecek oli  transmisi

Caranya mengontrol nyapun cukup mudah, yaitu tinggal intip saja melalui di stick oli transmisi yang dekat rumah filter udara.

Caranya untuk mengecek dan memeriksa kualitas oli, anda bisa lakukan sendiri di rumah, yaitu anda tinggal cabut di stick oli mesinnya , yaitu ketika kondisi mesin mati. 


Namun kalau anda ingin memeriksa kapasitas oli, anda mesti menghidupkan mesin dan lebih baik lagi ,jika sebaiknya mobil setelah habis dikendarai beberapa saat dulu. 

Kemudian ketika mesin masih hidup, posisikan tuas transmisi di posisi N, baru setelah itu angkat di stick untuk melihat apakah kapasitas oli masih memenuhi levelnya.

Standar perawatan transmisi manual 15 ribu dan otomatis di kisaran 25 ribu kilometer. Untuk prosedur ganti oli manual 2 liter dan otomatis mendapatkan 5 liter oli. 


"Tapi, akan lebih baik kalau pengantian oli transmisi otomatis sekaligus dilakukan flushing ,agar kinerja matik akan lebih terjaga untuk jangka panjang.

Solusi ,Gunakan oli transmisi yang tepat dengan specifikasi kendaraan yang anda gunakan, lihat pada buku panduan mengenai oli yang digunakan, usahakan memakai produk genuine atau orisinal. 

Untuk memperpanjang umur pemakaian kopling Anda, sebaiknya gunakan produk yang asli. 
Mengabaikan hal tersebut, dapat memperpendek umur pemakaian kopling Anda, serta dapat mengakibatkan perpindahan pada tranmisi manual Anda menjadi kurang halus.
Sehingga lama kelamaan dapat menimbulkan suara yang tidak halus saat kendaraan Anda melaju. 

Bila buku panduan sudah tidak ada, anda bisa tanyakan ke bengkel langganan anda.


Beberapa hal lain yang perlu diperhatkan terkait dengan transmisi selain perawatan adalah juga dengan cara pemakain kita .

Tips Tranmisi manual adalah jangan membiasakan memasukkan gigi pada saat parkir. Hal tersebut merupakan tindakan tidak safety dan dapat merusak komponen transmisi.
Selain itu, pada transmisi manual jangan membiasakan mendorong mobil pada saat aki soak, tetapi gunakan kabel jumper untuk menghidupkannya. 


Alasannya, kebiasaan menghidupkan mesin dengan didorong dapat merusak komponen transmisi manual.

Tips Transmisi Otomatis :
  1. Pada transmisi otomatis, posisi 1 atau L untuk tanjakan dan turunan curam.
  2. Pada transmisi otomatis, posisi 2 untuk tanjakan dan turunan tidak begitu curam.
  3. Pada transmisi otomatis, posisi 3 dan D sama, tetapi Over Drive berfungsi pada D.
  4. Over Drive O/D, digunakan dalam kecepatan tinggi dalam waktu lama, berfungsi untuk menurunkan putaran mesin sehingga dapat menurunkan konsumsi bahan bakar.
  5. Posisi P (Parking), digunakan pada saat kendaraan parkir, berfungsi untuk safety.
  6. Pada saat lampu merah, posisi D digeser ke N untuk safety dan merawat transmisi otomatis.
  7. Untuk kendaraan transmisi otomatis apabila mogok di jalan, direkomendasikan untuk menggunakan car carrier (digendong), untuk mencegah rusaknya transmisi otomatis.